Panduan Efisien Melenyapkan Bau Amis pada Cumi dikala Memasak

Pendahuluan

 

Cumi merupakan salah satu tipe santapan laut yang lezat serta banyak disukai oleh banyak orang. Tetapi, kerapkali kala hendak memasak cumi, kita dihadapkan dengan permasalahan bau amis yang bisa mengusik selera makan. Bau amis ini diakibatkan oleh senyawa amonia serta senyawa sulfur yang ada dalam cumi. Buat itu, dibutuhkan sebagian langkah serta panduan efisien supaya kita bisa menikmati cumi tanpa wajib tersendat oleh bau amis yang tidak di idamkan.

 

  1. Pemilihan serta Persiapan Cumi yang Baik

 

Langkah awal yang sangat berarti merupakan memilah cumi yang fresh serta bermutu baik. Yakinkan cumi yang hendak Kamu beli mempunyai warna yang terang, kulit yang kenyal, serta aroma laut yang fresh. Jauhi membeli cumi yang mempunyai bau amis yang kokoh dari dini, sebab ini bisa jadi susah dihilangkan.

 

Sehabis membeli cumi, bilas dengan baik. Hilangkan bagian dalam cumi, tercantum tulang balik serta kantung tintanya. Bilas cumi dengan air dingin buat melenyapkan residu darah serta lendir yang bisa jadi pemicu bau amis.

 

  1. Perendaman dalam Air Garam serta Air Jeruk Nipis

 

Langkah selanjutnya yaitu rendamlah cumi ke dalam larutan air garam yang sudah diberi air jeruk nipis. Karena garam mempunyai antibakteri yang bisa mengurangi bau amis, sedangkan air jeruk nipis yang masam bias mengurangi senyawa amonia pada cumi. Campur air garam serta air jeruk nipis, serta rendam cumi sepanjang dekat 15- 30 menit. Yakinkan cumi menyerap larutan ini dengan baik.

 

  1. Pemakaian Baking Soda

 

Baking soda mempunyai keahlian buat menetralkan bau. Sehabis merendam cumi dalam larutan air garam serta jeruk nipis, bilas cumi dengan air bersih serta taburkan baking soda secara menyeluruh pada permukaannya. Diamkan sepanjang sebagian menit saat sebelum membilasnya kembali dengan air bersih. Ini hendak menolong kurangi bau amis pada cumi.

 

  1. Pemakaian Air Garam serta Cuka

 

Cuka merupakan bahan lain yang bisa menolong melenyapkan bau amis. Rendam cumi dalam larutan air garam serta cuka sepanjang 15- 30 menit. Kombinasi ini bisa menolong mensterilkan cumi dari kuman serta senyawa yang menimbulkan bau amis.

 

  1. Pemakaian Air Teh

 

Air teh gelap pula bisa jadi pemecahan efisien buat melenyapkan bau amis pada cumi. Rendam cumi dalam larutan air teh gelap sepanjang 15- 30 menit. Teh gelap memiliki zat tanin yang bisa menolong melenyapkan bau amis serta membagikan aroma yang lebih fresh.

 

  1. Pemakaian Bawang Putih serta Jahe

 

Bawang putih serta jahe mempunyai watak antibakteri yang bisa menolong kurangi bau amis pada cumi. Tumbuk ataupun iris bawang putih serta jahe, kemudian tumis bersama cumi dikala proses memasak. Ini tidak cuma membagikan rasa yang lezat namun pula menolong kurangi bau amis.

 

  1. Pemakaian Daun Pandan

 

Aroma daun pandan yang harum bisa menyembunyikan bau amis dari cumi, caranya yaitu masukkan daun pandan ketika memasak cumi atau masukkan pada larutan air rendaman untuk memberikan aroma yang lebih fresh

Kesimpulan

 

Dengan melakukan cara-cara diatas kita bisa menghilangkan bau amis pada cumi, paling tidak kita bisa mengurasi bau amis sehingga dapat menikmati hidangan yang lezat dan bermutu. Perlu diingat kalau persiapan pemilihan bahan yang bermutu dan langkah-langkah yang benar sangat mempengaruhi hasil akhir masakan kita. Dengan menggunakan cara diatas kita bisa menikmati cumi yang lezat tanpa adanya gangguan bau amis pada cumi tersebut. Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *